}); Manajemen dan strategi kewirausahawan | Mari belajar

Manajemen dan strategi kewirausahawan

Manajemen kewirausahawan
Para wirausahawan menggunakan proses inovasi sebagai alat pemberdayaan sumber-sumber untuk menciptakan suatu nilai barang-barang dan jasa. Proses inovasi dikendalkan oleh kreativitas. Kreativitas merupakan mata rantai antara pengetahuan pengenalan cara baru untuk mengkombinasikan sumber-sumber dan proses pengembangan pengetahuan secara sistematis ke dalam suatu inovasi yang digunakan di pasar. Inovasi bahkan dipandang sebagai penciptaan sumber-sumber yang berbentuk penemuan kegunaan sesuatu dalam alam.
Manajemen kewirausahawan menyangkut semua kekuatan perusahaan yang menjamin bahwa usahanya betul-betul eksis. Bila usaha baru ingin berhasil, wirausahawan harus memiliki empat kompetensi, di antarannya mencakup hal-hal berikut.
1. Fokus pada pasar, bukan teknologi.
2. Buat ramalan pendanaan untuk menghindari tidak terbiayainya perusahaan.
3. Bangun tim manajemen, bukan menonjolkan perorangan.
4. Beri peran tertentu, khusus bagi wirausahawan penemu.

Jika manajemen kewirausahawan menyangkut lingkungan internal perusahaan, maka strategi kewirausahaan menyangkut kesesuaian kemampuan internal dan aktivitas perusahaan dengan lingkungan eksternal, di mana perusahaan harus bersaing dengan menggunakan keputusan-keputusan strategis. Dalam melakukan strategi usahannya, wirausahawan biasanya menggunakan salah satu strategi dari empat strategi, sebagai berikut.
1. Berada pertama di pasar dengan produk dan jasa baru.
2. Posisikan produk dan jasa baru tersebut pada pasar ceruk/segmen yang tidak terlayani.
3. Fokuskan barang dan jasa pada relung yang kecil, tetapi bisa bertahan.
4. Mengubah karateristik produk, pasar, atau industri.

Strategi Pertama, sering dipilih oleh wirausahawan, meskipun paling beresiko. Setelah strategi pertama sukses, selanjutnya mempertahankan posisi kepemimpinan pasar.
Strategi kedua, menyangkut pengembangan keterampilan untuk menanggapi peluang yan diciptakan oleh perusahaan yang berada di pasar pertama. Yang sering terjadi adalah banyak peniru memperbaiki atau memodifikasi barang dan jasa untuk menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pembeli. Bila demikian, wirausahawan perlu memindahkan daya saingnya ke segmen pasar lain dengan mendominasi segmen pasar kecil yang di pandang perusahaan besar tidak memiliki peluang.
Strategi ketiga, Yaitu perubahan karateristik produk, pasar, atau industri yang berbasis pada inovasi. Strategi ini dilakukan dengan mengubah produk barang dan jasa yang sudah ada, misalnya mengubah manfaat, nilai, dan karateristik ekonomi lainnya. Strategi ini menciptakan inovasi dengan salah satu cara berikut.
1. Menciptakan manfaat.
2. Meningkatkan nilai inovasi.
3. Berada[tasi dengan lingkungan sesuai ekonomi pelanggan.
4. menyajikan apa yang dianggap bernilai oleh pelanggan.

Dengan demikian, perusahaan dapat bersaing apabila secara konsisten dan berkesinambungan memperbaiki produk, barang, dan jasa atau proses itu sendiri.

Strategi kewirausahaan
Pada umumnya perusahaan kecil yan berhasil secara berkesinambungan dan dapat bersaing secara unggul memiliki keunggulan dalam bidang teknik, produk yang unik, dan memiliki cakupan distribusi geografis pasar yang terbatas. Ada beberapa keputusan strategis yang diperlukan dalam kondisi pertumbuhan yaitu mencakup hal-hal berikut.
1. Perubahan produk barang dan jasa. hal ini menyangkut pertanyaan "Produk dan jasa apa yang dinginkan oleh pelanggan? Apakah perubahan kebutuhan mereka dapat ditentukan?"
2. Strategi yang menyangkut penetrasi pasar, ekspansi pasar, diverifikasi produk dan jasa, integrasi regional, atau ekspansi usaha. Ini menyangkut pertanyaan "Bagaimana pasar dapat dicapai? bagaimana posisi strategis perusahaan harus diperbaiki? Peluang mana yang akan diambil?"
3. Kemampuan untuk memperoleh modal investasi dalam rangka penelitian dan pengembangan, proses produksi dan penggantian peralatan, dan dalam rangka penambahan sumber daya manusia. Hal ini menyangkut pertanyaan "Berapa modal yang diperlukan untuk investasi tersebut? Dari mana sumbernya?"
4. Analisis sumber daya manusia sehingga memiliki keterampilan yang unik untuk mengimplementasikan strategi. Pertanyaan adalah "Bagaimana sumber daya manusia itu akan dikembangkan supaya perusahaan sukses di pasar?"
5. Analisis pesaing baik yang ada ataupun yang potensial untuk memantapkan strategi pesaing. Keputusannya harus berdasarkan pada prilaku, sumber daya, dan komitmen yang dimiliki pesaing pada masa lalu. Apakah pesaing akan menanggapi strategi yang kita terapkan? kemampuan dan perencanaan apa yang diperlukan untuk mengantisipasi pesaing?
6. kemampuan untuk menopang keunggulan strategi perusahaan dan untuk memodifikasi strategi dalam menghadapi perubahan permintaan pelanggan dan prilaku strategi persaingan baru. apakah perusahaan akan selalu mempertahankan keunggulan strategi tersebut selama-lamanya?
7. Penentuan harga barang atau jasa untuk jangka pendek dan jangka panjang. Apakah keputusan penentuan harga sudah dibandingkan dengan strategi lain? Apakah analisis elastisitas permintaan untuk setiap pasar sidah dipahami?
8. Interaksi perusahaan dengan masyarakat luas. Apakah ada aksi strategis untuk menjawab kebutuhan masyarakat?
9.Pengaruh pertumbuhan perusahaan yang cepat terhadap aliran kas, apakah pertumbuhan perusahaan menimbulkan masalah likuiditas?

Strategi bagi pemimpin pasar
Apabila perusahaan telah memiliki peluang pasar yang besar seperti pada masa pertumbuhan, strateginya meliputi hal-hal berikut.
1.Bersifat menyerang dan agresif untuk mempertahankan pangsa pasar.
2. Bersigat bertahan dan tidak terlalu agresif.
3. Tidak boleh mempunyai anggapan bahwa perusahaan yang berhasil tidak mempunyai tantangan.

Strategi bagi buka pemimpin pasar
Perusahaan yang memasuki tahap pertumbuhan yang memiliki posisi yang kuat di pasar, memiliki strategi tertentu. Strategi ini dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1. Secara agresif menggunakan kompetensi terbaiknya untuk meraih peluang pasar sehingga tidak tertandingi oleh psaing.
2. Mengembangkan strategi sebagai follower leader.

Strategi yang lain
Banyak strategi yang dilakukan wirausahawan dalam tahap pertumbuhan, di antaranya mencakup hal-hal berikut.
1. Pertahanan pesaing. Perusahaan harus selalu inovatif dan memperbaiki keberhasilannya pada masa lalu atau memperbaiki produk yang pertama kali dihasilkan sebab jika tidak akan ditinggalkan oleh pasar.
2. Mencoba untuk produk menjadi "pemukul besar", dan tidak berkonsentrasi pada perbaikan keberhasilan produk yang sudah ada.
3. Mengambil langkah positif dan proaktif untuk menguasai manajer kunci dan ahli teknik profesional yang selalu diikutsertakan dalam pembentukan keberhasilan perusahaan.


Daftar Pustaka
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penulis : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manajemen dan strategi kewirausahawan"

Post a Comment