}); 7 langkah dalam proses berfikir kreatif | Mari belajar

7 langkah dalam proses berfikir kreatif

Menurut zimmerer ada 7 langkah proses kreatif : (1) Persiapan. (2) Penyelidikan. (3) Transformasi. (4) Penetasan/inkubasi. (5) Penerangan. (6) Pengujian. (7) Implementasi.

Tahap 1 : Persiapan

Persiapan menyangkut kesiapan kita untuk berfikir kreatif, baik dalam bentuk pendidikan formal, pengalaman, magang, maupun pengalaman belajar lainnya.

Tahap 2 : Penyelidikan

Penyelidikan diperlukan untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang masalah atau keputusan. Untuk menciptakan konsep dan ide-ide baru tentang suatu bidang usaha, pertama-tama seseorang harus mempelajari masalah dan memahami komponen-komponen dasarnya terlebih dahulu. Misalnya seorang pedagang tidak akan bisa menghasilkan ide-ide baru jika ia tidak mengetahui konsep atau komponen dasar tentang perdagangan.

Tahap 3 : Transformasi

Tahap transformasi menyangkut persamaan dan perbedaan pandangan di antara informasi yang terkumpul. Transformasi adalah mengidentifikasi persamaan dan perbedaan yang ada tentang informasi yang terkumpul. Dalam tranformasi diperlukan dua tipe berpikir, yaitu berpikir konvergen dan berpikir divergen. Berpikir secara konvergen adalah kemampuan untuk melihat persamaan dan hubungan diantara beragam data dan kejadian, sedangkan berpikir divergen adalah kemampuan untuk melihat perbedaan antara data dan kejadian yang beranekaragam.

Tahap 4 : Inkubasi/penetasan

Inkubasi merupakan penyiapan pikiran bawah sadar untuk merenungkan informasi yang terkumpul. Pikiran bawah sadar memerlukan waktu untuk merefleksikan informasi.

Tahap 5 : Penerangan

Penerangan akan muncul jika pada tahap inkubasi terjadi pemecahan secara spontan yang menyebabkan adanya titik terang. Pada tahap penerangan, semua tahap sebelumnya muncul secara bersama dan menghasilkan ide-ide yang kreatif dan inovatif.

Tahap 6 :  Pengujian

Pengujian menyangkut validasi keakuratan dan manfaat ide-ide yang muncul dapat kita lakukan pada masa percobaan, proses simulasi, tes pemasaran dan aktivitas lainnya yang dirancang untuk membuktikan ide-ide baru yang akan di implementasikan.

Tahap 7 :  Implementasi

Implementasi adalah transformasi ide ke dalam praktik bisnis.


Sumber :
Buku : kewirausahaan.
Penulis : Suryana
Penerbit : Salemba empat

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

7 Responses to "7 langkah dalam proses berfikir kreatif"

  1. Replies
    1. iya sama-sama :)
      boleh copas tapi janganlupa untuk menyertakan sumbernya ya :)
      dan jangan lupa subcribe ya :)

      Delete
  2. Replies
    1. iya sama-sama :)
      boleh copas tapi janganlupa untuk menyertakan sumbernya ya :)
      dan jangan lupa subcribe ya :)

      Delete
  3. TERIMA KASIH INFO NYA...BISA COPAS

    My blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh copas tapi janganlupa untuk menyertakan sumbernya ya :)
      dan jangan lupa subcribe ya :)

      Delete
  4. Tq bang infonya bermanfaat

    ReplyDelete