}); Asal-usul timbulnya ide kewirausahaan | Mari belajar

Asal-usul timbulnya ide kewirausahaan

Ide kewirausahaan selalu muncul dari pemikiran kreatif. Ide muncul apabila kita memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas. Ide juga muncul dari mimpi-mimpi atau khayalan. Setelah ide atau khayalan muncul, Muncullah gagasan dan angan-angan.
Menurut zimmerer, ide-ide yang berasal dari wirausahawan dapat menciptakan peluang untuk memenuhi riil dipasar. Dalam mengevaluasi ide untuk menciptakan nilai-nilai potensial, wirausahawan perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua risiko yang mungkin terjadi dengan cara sebagai berikut :
1. Mengurangi kemungkinan risiko melalui starategi yang proaktif.
2. Menyebarkan risiko pada aspek yang paling mungkin.
3. Mengelola risiko yang mendatangkan nilai atau manfaat.

Risiko pasar terjadi akibat adanya ketidakpastian pasar. Risiko financial terjadi akibat rendahnya hasil penjualan dan tingginya biaya. Resiko teknik terjadi akibat adanya kegagalan teknik.
Cara untuk mengubah ide menjadi peluang antara lain :
1. Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-cara atau metode yan lebih baik untuk melayani dan memuaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.
2. Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru.
3. Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi pekerjaan yang dilakukan atau cara untuk melakukan suatu pekerjaan.

Hasil dari ide-ide tersebut secara keseluruhan adalah perubahan dalam bentuk arahan atau petunjuk bagi perusahaan atau kreasi baru tentang barang yang dihasilkan perusahaan. Banyak wirausahawan yang berhasil karena bukan atas idenya sendiri, tetapi hasil pengamatan dan penerpan ide-ide orang lain yang bisa dijadikan peluang.


Sumber
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penerbit : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Asal-usul timbulnya ide kewirausahaan"

Post a Comment