}); 4P (Produck, Place, Price, Promosi) | Mari belajar

4P (Produck, Place, Price, Promosi)

Produk (Product)
Perlu diingat bahwa produk selalu mengalami daur hidup yang terdiri atas tahap pengembangan, tahap pengenalan, tahap pertumbuhan penjualan, tahap kematangan, tahap kejenuhan, dan penurunan.
Penjelasan : http://ryuken123.blogspot.com/2018/09/tahap-tahap-daur-hidup-sebuah-produk.html

Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda telah memberikan nilai tambah baru dan kekuatan baru dalam persaingan. Bila produk lam sudah mulai jenuh, maka inovasi produk harus segera dimulai. Inovasi dalam kreasi-kreasi baru secara terus-menurus akan memberi kepuasan pada konsumen. Tempat harus strategis, menyenangkan, nyaman, dan efisien.

Tempat (Place)
Tempat yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang paling strategis, menyenangkan, dan efesien. Untuk mencapai sasaran tempat yang baik dapat dilakukan dengan jalan sebagai berikut.
1. memperbanyak saluran distribusi, misalkan langsung ke konsumen atau tidak langsung, yaitu melalui para agen.
2. Memperluas segmentasi atau cakupannya, misal segmen lokal, regional, nasional, dan internasional.
3. Menata penampilan tempat usaha, misal tata etalasi, dan posisi produk.
4. menggunakan cara penyampaian barang seefesien mungkin.
5. Mengubah-ubah persediaan dari gudang yang satu ke gudang/tempat yang lain. Hal ini penting untuk mengendalikan persediaan dan penawaran.

Harga (Price)
Harga yang tepat adalah harga yang terjangkau dan paling efesien bagi konsumen. Wirausahawan bisa menciptakan harga yang paling efesien dengan inovasi dan kreativitasnya. Menentukan harga yang tepat memerlukan banyak pilihan tidak saja berdasarkan pada intuisi, perasaan, tetapi juga harus berdasarkan pada informasi, fakta, dan analisis di lapangan. Wirausahawan harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam menentukan harga.

Promosi (Promotion)
Promosi adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli. Tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan barang dan jasa agar diketahui, dibutuhkan, dan diminta oleh konsumen.
Agar barang dan jasa yang kita produksi dikenal, diketahui, dibutuhkan, dan diminta konsumen, wirausahawan harus segera melakukan usaha-usaha sebagai berikut :
1. Informasikan barang/jasa yang dihasilkan pada konsumen.
2. Bujuk konsumen agar mau membeli barang/jasa yang dihasilkan.
3. Pengaruh konsumen agar tertarik terhadap barang/jasa yang kita hasilkan.


Daftar Pustaka
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penulis : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "4P (Produck, Place, Price, Promosi)"

Post a Comment