}); 10 Kompetensi seorang wirausahawan | Mari belajar

10 Kompetensi seorang wirausahawan

Menurut Dun dan Badstreed business credit service (1993:11), ada 10 kompetensi yang harus dimiliki sorang wirausahawan, antara lain yaitu :

1. knowing your business, yaitu harus mmengetahui usaha apa yang akan dilakuka.
2. Knowing the basic business management, yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolahan bisnis, misalnya cara merancang usaha, mengorganisasikan, dan mengendalikan perusahaan, termasuk dapat memperhitungkan, memprediksi, mengadministrasikan, dan membuka kegiatan-kegiatan usaha.
3. Having the proper attitude, yaitu memiliki sikap yang benar terhadap usaha yang dilakukannya. Ia harus bersikap sebagai pedagang, industriawan, pengusaha, eksekutif yang sungguh-sungguh.
4. Having adequate capital, yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak hanya berbentuk materi, tetapi juga moral. Kepercayaan dan keteguhan hati merupaka modal utama dalam usaha.
5. Managing finances effectively, yaitu memiliki kemampuan mengatur/mengelola keuangan secara efektif dan efesien, mencari sumber dana, dan menggunakannya secara tepat serta mengendalikannya secara akurat.
6. Managing time efficiently, yaitu kemampuan mengatur waktu seefesien mungkin.
7. Managing people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan, menggerakkan (memotivasi), dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
8. Statisfying customer by providing high quality product, yaitu mencari kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, bermanfaat, dan memuaskan.
9. Knowing how to compite, yaitu mengetahui strategi/cara bersaing.
10. copying with regulations and paperwork, yaitu membuat aturan/pedoman yang jelas (tersurat, tidak tersirat).


Sumber
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penerbit : salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "10 Kompetensi seorang wirausahawan"

Post a Comment