}); ANALISIS ASPEK PRODUKSI DAN ASPEK MANAJEMEN | Mari belajar

ANALISIS ASPEK PRODUKSI DAN ASPEK MANAJEMEN

Hasil gambar untuk keuangan

ANALISIS ASPEK PRODUKSI

Beberapa unsur dari aspek produksi/operasi yang harus dianalisis yaitu, mencakup hal-hal sebagai berikut :

1. Lokasi operasi
Untuk bisnis hendaknya dipilih lokasi yang paling strategis dan efisien, baik bagi perusahaan itu sendiri maupun bagi pelanggannya. Misalnya, dekat kepada pemasok, kepda konsumen, ke alat transportasi, atau di antara ketiganya. Disamping itu, lokasi bisnis harus menarik agar konsumen tetap loyal.

2. Volume operasi
Volume operasi harus relevan dengan potensi pasar dan prediksi permintaan sehingga tidak terjadi kelebihan dan kekurangan kapasitas. Volume operasi yang berlebihan akan menimbulkan masalah baru dalam penyimpanan yang pada akhirnya mempengaruhi harga pokok penjualan.

3. Mesin dan peralatan
Mesin dan peralatan harus sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini dan yang akan datang serta harus disesuaikan dengan luas produksi agar tidak terjadi kelebihan kapasitas.

4. Bahan baku dan bahan penolong
Bahan baku dan bahan penolong serta sumber daya yang diperlukan harus cukup tersedia. Persediaan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan sehingga biaya bahan baku menjadi efisien.

5. Tenaga kerja
Berapa jumlah tenaga kerja yang diperlukan dan bagaimana kualifikasinya. Jumlah dan kualifikasi karyawan harus disesuaikan dengan keperluan jam kerja, dan kualifikasi kualifikasi pekerjaan untuk menyelesaikannya, supaya lebih tepat, cepat, dan hemat.

6. Tata letak
Tata letak adalah tata ruang atau tata letak berbagai fasilitas operasi. Tata letak harus tepat dan prosesnya praktis sehingga efisien.

Bila aspek pemasaran dan operasi layak, analisis selanjutnya adalah aspek manajemen.


ANALISIS ASPEK MANAJEMEN

Dalam menganalisis aspek-aspek manajemen, terdapat beberapa unsur yang harus dianalisis, seperti berikut :

1. Kepemilikan
Apakah unit bisnis yang akan didirikan milik pribadi (perorangan) atau milik bersama (persekutuan, seperi CV, PT, dan bentuk badan usaha lainnya). Apa saja keuntungan dan kerugian dari unit bisnis yang dipilih tersebut ? Hendaknya dipilih yang tidak beresiko terlalu tinggi dan menguntungkan.

2. Organisasi
Jenis organisasi apa yang diperlukan ? Apakah organisasi lini, staf, lini, dan staf, atau bentuk lainnya. Tentukan jenis yang paling tepat dan menguntungkan.

3. Tim manajemen
Apakah bisnis akan dikelola sendiri atau melibatkan orang lain secara profesional, hal ini bergantung pada skala usaha dan kemampuan yang dimiliki wirausahawan. Bila bisnis meruapakan skala besar, sebaiknya dibentuk tim manajemen yang solid.

4. Karyawan
Karyawan harus disesuaikan dengan jumlah, kualifikasi, dan kualitas yang diperlukan. Bila analisis ketiga aspek tersebut tidak menimbulkan permasalahan, analisis bisnis dapat diteruskan pada analisis aspek keuangan.

Daftar Pustaka
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penulis : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "ANALISIS ASPEK PRODUKSI DAN ASPEK MANAJEMEN"

Post a Comment