}); Teknik pengembangan usaha | Mari belajar

Teknik pengembangan usaha

Perluasan Skala Ekonomi 
Cara ini dapat dilakukan dengan menambah skala produk, tenaga kerja, teknologi, sistem distribusi, dan tempat usaha. Ini dilakukan bila perluasan usaha atau peningkatan output akan menurunkan biaya jangka panjang, yang berarti mencapai skala ekonomi. Sebaliknya, bila peningkatan output mengakibatkan peningkatan biaya jangka panjang, maka tidak baik untuk dilakukan. Dengan kata lain, bila produk barang dan jasa yang dihasilkan sudah mencapai titik paling efesien, memperluas skala ekonomi tidak bisa dilakukan, sebab akan mendorong kenaikan biaya.
Berdasarkan pada hal tersebut, maka skala usaha ekonomi terjadi apabila perluasan usaha atau peningkatan output menurunkan biaya jangka panjang. Skala usaha tidak ekonomis terjadi apabila perluasan usaha atau peningkatan outpun menaikkan biaya jangka panjang. Oleh karena itu, apabila terjadi skala usahayangtidak ekonomis, wirausahawan dapat meningkatkan usahanya dengan memperluas cakupan usaha. Karena skala ekonomis menunjukkan pengurangan usaha. Karena skala ekonomis menunjukkan pengurangan biaya perusahaan akibat kenaikan output, kurva pengalaman atau kurva belajar menunjukkan pengurangan biaya yang muncul akibat kenaikan volume kumuatif.

Perluasan cakupan usaha
Cara ini bisa dilakukan dengan menambah jenis usaha baru, produk, dan jasa baru yang berbeda dari yang sekarang diproduksi serta dengan teknologi berbeda. Misalnya, usaha jasa angkutan kota diperluas dengan usaha jasa bus pariwisata, usaha jasa pendidikan diperluas dengan usaha jasa pelatihandan kursus-kursus. Dengan demikian, lingkup usaha ekonomis dapat didefinisikan sebagai suatu diverifikasi usaha ekonomis yang ditandai oleh biaya produksi total bersama dalam memproduksi dua atau lebih jenis produk secara bersama-sama adlah lebih kecil daripada penjumlahan biaya produksi masing-masing produk itu apabila wirausahawan memiliki permodalan yang cukup. Sebaliknya, lingkup usaha tidak ekonomis, dapat didefinisikan seagai suatu diverifikasi usaha yang tidak ekonomis, di mana biaya produksi total bersama dalam memproduksi dua atau lebih jenis produk secara bersama-sama adalah lebih besar daripada penjumlahan biaya produksi dari masing-masing jenis produk itu apabila diproduksi secara terpisah.


Daftar Pustaka
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penulis : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Teknik pengembangan usaha"

Post a Comment