}); Kiat-Kiat Pemasaran bagi bisnis baru | Mari belajar

Kiat-Kiat Pemasaran bagi bisnis baru

Bila kita belum mengetahui barang dan jasa yang akan kita jual, kita terlebih dahulu harus melakukan survei yang mencakup hal-hal berikut.

1. Cari peluang pasar
Untuk melihat peluang pasar, langkah yang harus dilakukan adalah mengamati konsumen, yaitu untuk mengetahui hal-hal berikut.
a. Barang dan jasa apa yang paling diinginkan konsumen ?
b. Berapa banyak yang mereka butuhkan ?
c. Kualitas yang mana yang paling tepat ?
d. Berpa banyaknya ?

Untukmelihat da atau tidak adanya peluang pasar yang dituju, ada beberapa langkah yang harus di[erhatikan, yaitu sebagai berikut.
a. Amati kebutuhan apa yang paling banyak diperlukan oleh masyarakat sekitarnya. Misalnya, untuk kebutuhan rutin atau sehari-hari, kebutuhanmusiman, seperti baju untuk lebaran, jaket untukmusim hujan, dan kebutuhan lainnya yang paling sering diperlukan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan lainnya.
b. Kapan saja mereka membutuhlan barang, misalnya setiap saat atau sering dibutuhkan, kadang-kadang dibutuhkan atau jarang dibutuhkan.
c. Lihat karateristik konsumen, baik dari segi jenis kelamin, usia, pekerjaan maupun pendidikan. Karateristik ini penting untuk menentukan jenis barang apa yang paling cocok dengan kebutuhan konsumen. Misalnya, bila konsumennya wanita, kebutuhan wanita yang harus disediakan. Bila usia dewasa yang banyak, kebutuhan orang dewasa yang harus disediakan. Bila kebanyakan petani, sediakan alat-alat pertanian, bila pelajar sediakan alat-alat untuk sekolah.
d. Bagaimana daya beli konsumen. Perlu diperhatikan adalah pendapatan masyarakat, Misalnya untuk masyarakat yang berpendapatan rendah, barang yang disajikan harus dengan kualitas dan harga terjangkau oleh tingkat konsumen tersebut.
e. Lihat ada pesaing atau tidak. Bila ada, peluang pasar apa yang belum digarap oleh pesaing. Bagi usaha baru dan kecil lebih baik menggarap pasar niche.

2, Tempat yang tepat
Carikan tempat memasarkan yang cocok. Misalnya, di tempat yang ramai dan banyak dikunjungi serta dilewati orang, seperti di tempat pariwisata, di pasar umum, di dekat lalu lintas jalan raya, dan lain sebagainnya.

3. Banyaknya barang yang dibutuhkan
Berapa banyak barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen rata-rata per hari.

4. Tentukan target apa yang hendak kita capai
Misalnya, untuk mengejar keuntungan untuk meraih pelanggan rutin, untuk meraih pelanggan temporer, atau hanya sekedar laku terjual dalam rangka meraih konsumen baru.

5. Fungsi-fungsi pemasaran usaha baru
Ada beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni mencakup kegiatan-kegiatan berikut.
a. Pembelian, yaitu membeli barang yang akan kita jual kembali. Dalam kegiatan ini kita harus mencari pemasok, misalnya agen, produsen, atau pedagang besar. Bila dari produsen langsung, tanyakan alamat perusahaan yang menyediakan barang-barang tersebut kepada kantor dinas perindustrian dan perdagangan atau lewat iklan dan majalah bisnis lainnya. Bila bukan dari produsen langsung, lenih baik hubungi agen dan distributor terdekat.
b. Penyimpanan, simpan barang-barang tersebut sebaik mungkin, jangan sampai berubah bentuk, sifat, warna, ukuran, dan standar kualitasnya.
c. Sortis dan pengemasan, yaitu dilakukan dalam bentuk dan warna yang menarik, aman dari perubahan bentuk, warna, sifat, dan standar kualitas. Penempatan merek dagang juga harus diperhatikan dengan cermat.
d. Penjualan. Penjualan berarti menyajikan barang agar konsumen menjadi tertarik dan melakukan pembelian. Penjualan dapat dilakukan dengan 3 cara :
- Kelompokkan barang-barang apa saja yang tahan lama dan cepat usang/rusak. Letakkan barang-barang yang sering diminta oleh konsumen pada tempat yang paling mudah dijangkau.
- Berikan kepastian harga, supaya konsumen dapat membandingkannya dengan harga pesaing.
- Layani konsumen dengan penuh keramahan, keakraban, dan kekerabatan serta berikan pelayanan cepat, tepat, hemat, dan sopan.


Daftar Pustaka
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penulis : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kiat-Kiat Pemasaran bagi bisnis baru"

Post a Comment