}); Nilai-nilai hakiki kewirausahaan | Mari belajar

Nilai-nilai hakiki kewirausahaan

Penerapan masing-masing nilai sangat bergantung pada fokus dan tujuan masing-masing wirausahawan. Dari beberapa nilai kewirausahaan terdapat beberapa nilai hakiki penting dari kewirausahaan, yaitu

1. Percaya diri
Kepercayaan diri merupakan suatu paduan dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan. Orang yang percaya diri memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sistematis, berencana, efektif dan efisien. Kepercayaan diri tersebut, baik langsung maupun tidak langsung memengaruhi sikap mental seseorang. Kunci keberhasilan dalam bisnis adalah untuk memahami diri sendiri. Oleh sebab itu, wirausahawan yang sukses adalah wirausahawan yang mandiri dan percaya diri.

2. Berorientasi pada hasil dan tugas
Seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada keberhasilan, ketekunan dan ketabahan, tekad kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energik, dan berinisiatif. Dalam kewirausahaan, peluang hanya diperoleh apabila terdapat inisiatif. Prilaku inisiatif biasanya diperoleh dari pengalaman selam bertahun-tahun, dan pengembangannya diperolaeh dengan cara disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, dan semangat berprestasi. Berinisiatif adalah keinginan untuk mencari dan memulai dengan tekad yang kuat.

3. keberanian menghadapi resiko
Keberanian yang tinggi dalam menghadapi resiko dengan perhitungan matang dan optimisme yang dimilki harus disesuaikan dengan kepercayaan diri. Oleh sebab itu, optimisme dan keberanian menghadapi risiko dalam menghadapi suatu tantangan dipengaruhi oleh kepercayaan diri. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi relatif lebih mampu menghadapi dan menyelesaikan masalah sendiri tanpa menunggu bantuan orang lain. Kepercayaan diri muncul apabila kita mempunyai kemauan dan kemampuan.Kemauan dan kemampuan untuk menghadapi risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Wirausahawan yang tidak mau menghadapi risiko akan sukar memulai dan berinisiatif.

4. berorientasi pada masa depan
Orang yang berorientasi ke masa depan adalah orang yang memiliki perspektif dan pandangan kemasa depan. Kuncinya adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang sudah ada saat ini.

5. Kepemimpinan
Seorang wirausahawan yan berhasil selalu memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan, dan teladan. Ian selalu ingin tampil berbeda, menjadi yang pertama, dan lebih menonjol.
Wirausahawan yang memiliki kemampuan kepemimpinan akan memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
1. Kepeloporan
2. Keteladanan
3. Tampil berbeda
4. Mampu berpikir divergen dan konvergen.

6. Keorinalitasan : kreativitas dan inovasi
Kreativitas adalah kemampuan untuk berpikir yang baru dan berbeda, sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk bertindak yang baru dan berbeda.


Sumber
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : 4
Penerbit : Salemba empat

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Nilai-nilai hakiki kewirausahaan"