}); Harta, Utang dan Modal | Mari belajar

Harta, Utang dan Modal

Harta yang dimiliki suatu perusahaan disebut harta/aktiva (Asset), sedangkan hak atau clam atas harta tersebut dinamakan hak kekayaan (equity). Apabila sebuah perusahaan memiliki kekayaan sebesar Rp. 1.000.000 maka hak kekayaan atas harta tersebut sebesar Rp. 1.000.000. Hubungan antara harta dan hak atas kekayaan tersebut dapat dinyakan dalam bentuk persamaan sebagai berikut :
Harta = hak kekayaan
atau
Asset = Equity
Hak kekayaan terdiri dari hak kreditur dan hak kepemilikan. Hak kreditur menunjukkan utang (liabilities) perusahaan. Hak kekayaan pemilik modal (Capital) atau hak pemilik (owner's equity). Apabila persamaan diatas dikembangkan yaitu dengan memasukkan kedua unsur hak kekayaan dalam persamaan, akan diperoleh apa yang disebut persamaan akuntansi (Accounting equation), seperti tampak dibawah ini :
Harta = Utang + Modal
atau
Asset = liabilities + Capital
Penempatan utang didepan modal dalam persamaan akuntansi tersebut, karena kreditur mempunyai hak preferensi terhadap harta pemilik. Sisanya merupakan klaim pemilik atau para pemilik yang kerapkali disebut hak kekayaan pemilik, dengan memindahkan utang (liabilities) kesisi ruas kiri maka persamaan akuntansi akan tampak sebagai berikut :
Harta - Utang = Hak kekayaan pemilik
atau
Asset - Liabilities = Capital
Persamaan tersebut harus benar-benar dipahami karena akan menjadi dasar dalam mempelajari akuntansi. Persamaan akuntansi merupakan dasar dalam memahami sistem pembukuan berpasangan (Double entry system).


Sumber
Buku : Dasar-dasar akuntansi
Penulis : Prof.Drs.H. Lili M. Sadeli, M.Pd.
Penerbit : PT Bumi aksara.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Harta, Utang dan Modal"

Post a Comment