}); Fungsi wirausahawan | Mari belajar

Fungsi wirausahawan

Ada dua fungsi dan peranan wirausahawan dalam perekonomian, yaitu secara makro dan mikro.

Fungsi makro
Secara makro, Wirausahawan berperan dalam ekonomi nasional sebagai penggerak, pengendali, dan pemacu perekonomian suatu bangsa. Para wirausahawan berfungsi menciptakan investasi baru, pembentuk modal baru, menghasilkan lapangan kerja baru, menciptakan produktivitas, meningkatkan ekspor, mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kesejahtraan.

Sementara itu, peran wirausahawan melalaui usaha-usaha kecil adalah :
Pertama, usaha kecil dapat memperkokoh perekonomian nasional melalui berbagai keterkaitan usaha, seperti fungsi pemasok, fungsi produksi, fungsi penyalur, dan pemasaran bagi hasil produk-produk industri besar.
Kedua, usaha kecil dapat meningkatkan efesiensi ekonomi, khususnya dalam menyerap sumber daya yang ada.
Ketiga, usaha kecil dipandang sebagai sarana pendistribusian pendapatan nasional, alat pemasaran berusaha dan alat pendistribusian pendapatan karena jumlahnya tersebar, baik diperkotaan maupun dipedesaan.

Fungsi mikro
Secara mikro, fungsi wirausahawan dalam perusahaan adalah menanggung risiko dan ketidakpastian, mengombinasi sumber-sumber kedalam cara yang baru dan berbeda, menciptakan nilai tambah, menciptakan usaha-usaha baru, dan menciptakan peluang baru.


Sumber
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penerbit : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Fungsi wirausahawan"

Post a Comment