}); Keuntungan dan kerugian kerja sama waralaba | Mari belajar

Keuntungan dan kerugian kerja sama waralaba

Keuntungan kerja sama waralaba
Menurut zimmerer ada beberapa keuntungan kerja sama waralaba antara lain :
1. Pelatihan, pengarahan, dan pengawasan yang berlanjut dari perusahaan induk.
2. Bantuan financial. Biasanya biaya awal pembukaan sangat tinggi, sedangkan sumber modal dari perusahaan penyalur sangat terbatas.
3. Keuntungan dari penggunaan nama, merek, dan produk yan telah dikenal.

Sementara itu menurut paggy lambing keuntungan waralaba meliputi :
1. Bantual awal yang memberi kemudahan, yaitu berupa jasa nasihat pemilihan lokasi, analisis tata letak fasilitas, bantuan keuangan, pelatihan manajemen, seleksi karyawan, dan bantuan pelatihan.
2. Basis untuk mempertimbangkan prospek keberhasilan, yaitu menyajikan prediksi dan pengujian tentang kemungkinan untuk menghasilkan keuntungan.
3. Mendapat pengakuan dengan segera, yaitu cepat dikenal karena memiliki reputasi dan pengalaman, misalnya sebulan, seminggu, bahkan hanya dalam beberapa hari.
4. Daya beli. Karena merupakan bagian dari organisasi yang besar, pembayaran untuk pembelian bahan baku, peralatan, dan jasa asuransi akan relatif murah.
5. Cakupan periklanan dan pengalaman. Periklanan secara nasional dengan pengalaman yang jauh lebih baik sehingga biayaanya menjadi sangat murah.
6. Perbaikan operasional. Sebagai bagian dari organisasi yang besar, usaha waralaba memiliki metode yang lebih efesien dalam perbaikan proses produksi.

Kerugian kerja sama waralaba
Disamping beberapa keuntungan yang telah disebutkan tersebut, kerja sama waralaba tidak selalu menjamin keberhasilan karena sangat bergantung pada jenis usaha dan kecakapan wirausahawan. Kerugian yang mungkin terjadi menurut zimmerer antara lain :
1. Program latihan tidak sesuai dengan yang diinginkan.
2. Pembatasan kreativitas penyelenggara usaha perusahaan penyalur.
3. Perusahaan penyalur jarang untuk mempunyai hak menjual perusahaanya kepada pihak lain tanpa menawarkan terlebih dahulu pada perusahaan induk dengan harga yang sama.


Sumber
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penerbit : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Keuntungan dan kerugian kerja sama waralaba"

Post a Comment