}); Peran wirausahawan | Mari belajar

Peran wirausahawan

Dalam melakukan fungsi mikronya, menurut marzuki usman (1977), secara umum wirausahawan memiliki dua peranan, yaitu sebagai berikut :
1. Sebagai penemu
2. Sebagai perencana

Sebagai penemu, Wirausahawan berperan dalam menemukan dan menciptakan :
a. Produk baru
b. Teknologi baru
c. Ide-ide baru
d. Organisasi usaha baru
Sebagai perencana, wirausahawan berperan dalam merancang :
a. Perencanaa perusahaan
b. Strategi perusahaan
c. Ide-ide dalam perusahaan
d. Organisasi perusahaan

Menurut zimmerer (1996:51), fungsi wirausahawan adalah menciptakan nilai barang dan jasa dipasar melalui proses pengombinasian sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda untuk dapat melakukan persaingan. Nilai tambah tersebut diciptakan melalui hal-hal sebagai berikut :
1. Pengembangan teknologi baru
2. Penemuan pengetahuan baru
3. Perbaikan produk dan jasa yang ada
4. Penemuan cara-cara yang berbeda untuk menyediakan barang dan jasa dalam jumlah lebih banyak dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit.

Werner shombart (1902), membagi peranan wirausahawan menjadi tiga antara lain :
1. Pemimpin industri, yang memulai sebagai teknisi atau tukang dalam satu bidang keahlian, kemudian berhasil menemukan sesuatu yang baru, bukan dengan disengaja melainkan hasil temuan dan kehebatan daya cipta.
2. Usahawan, yaitu orang yang menganalisis berbagai kebutuhan masyarakat, merangsang kebutuhan untuk mendapat langganan baru. Perhatiannya yang paling utama adalah penjualan.
3. Pemimpin keuangan, yaitu orang yang sejak muda menganalisis keuangan, mengumpulkan uang, dan menggabungkan sumber-sumber keuangan.

Dari beberapa definisi tersebut secara mikro dapat diartikan bahwa wirausahawan adalah perintis dan pengembang perusahaan yang berani mengambil risiko dalam menghadapi ketidakpastian dengan cara mengelola sumber daya manusia, material, dan keuangan untuk mencapai tingkat keberhasilan tertentu yang diinginkan.


Sumber
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penerbit : Salemba empat

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Peran wirausahawan"

Post a Comment