}); SURAT SETORAN PAJAK | Mari belajar

SURAT SETORAN PAJAK


Hasil gambar untuk pajak

1. Pengertian
Surat setoran pajak adalah bukti pembayaran atau penyetoran pajak yang telah dilakukan dengan menggunakan formulir atau telah dilakukan dengan cara lain ke kas negara melalui tempat pembayaran yang ditunjuk oleh mentri keuangan.

2. Fungsi ssp
SSP berfungsi sebagai bukti pembayaran pajak apabila telah disahkan oleh pejabat kantor penerima pembayaran yang berwenang atau apabila telah mendapatkan validasi.

3. Tempat pembayaran dan penyetoran pajak
a. Bank yang di tunjuk oleh mentri keuangan.
b. Kantor pos.

4. Tata cara menunda atau mengangsur pembayaran atas ketetapan pajak
Wajib pajak dapat mengajukan permohonan secara tertulis untuk mengangsur atau menunda pembayaran pajak yang masih harus dibayar dalam surat tagihan pajak, surat ketetapan pajak kurang bayar, surat ketetapan pajak kurang banding, serta putusan peninjauan kembali, yang menyebabkan jumlah pajak yang terutang bertambah, serta PPh pasal 29, kepada Dirjend pajak.

Permohonan harus diajukan paling lama 9 hari kerja sebelum saat jatuh tempo pembayaran utang pajak berakhir disertai dengan alasan dan bukti yang mendukung permohonan. wajib pajak yang mengajukan permohonan pengangsuran atau penundaan pembayaran pajak harus memberikan jaminan yang dapat berupa garansi bank, surat/dokumen bukti kepemilikan barang bergerak, penangggungan utang oleh pihak ketiga, sertifikat tanah, atau sertifikat deposito.

Wajib pajak yang mengajukan permohonan pengangsuran pembayaran pajak setalah melampaui batas wakti harus memberikan jaminan berupa garansi bank sebesar utang pajak yang dapat dicairkan sesuai dengan jangka waktu pengangsuran.

Dirjend pajak menerbitkan surat keputusan atas permohonan tersebut berupa menerima seluruhnya, menerima sebagaian, atau menolak.

Surat keputusan diterbitkan paling lama 7 hari kerja setelah tanggal diterimanya permohonan. Apabila jangka waktu 7 hari kerja telah terlampaui dan Dirjend pajak tidak menerbitkan surat keputusan, permohonan disetujui sesuai dengan permohonan wajib pajak, dan keputusan persetujuan pengangsuran pembayaran pajakatau keputusan persetujuan penundaan pembayaran pajak harus diterbitkan paling lama 5 hari kerja setelah jangka waktu 7 hari kerja tersebut berakhir.


Daftar pustaka
Judul buku : PERPAJAKAN
Penulis : Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., AK
edisi : 2016
Penerbit : ANDI Yogyakarta.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "SURAT SETORAN PAJAK "

Post a Comment