}); ANALISIS KELAYAKAN BISNIS | Mari belajar

ANALISIS KELAYAKAN BISNIS

Hasil gambar untuk analisis kelayakan bisnis
ANALISIS ASPEK PEMASARAN
Untuk menganalisis aspek pemasaran, seorang wirausahawan terlebih dahulu harus melakukan penelitian pemasaran dengan menggunakan sistem informasi pemasaran yang memadai berdasarkan pada analisis dan prediksi apakah bisnis yang akan dirintis atau dikembangkan memiliki peluang besar yang memadai atau tidak. Dalam analisis pasar, biasanya terdapat beberapa komponen yang harus di analisis dan cermati, di antaranya ialah sebagai berikut :

1. Kebutuhan dan keinginan konsumen
Barang dan jasa apa yang banyak dibutuhkan konsumen dan diinginkan konsumen? Berapa banyak yang mereka butuhkan? bagaimana daya beli mereka? kapan mereka membutuhkan? jika kebutuhan dan keinginan mereka teridentifikasi dan memungkinkan terpenuhi, berarti peluang pasar bisnis kita terbuka dan layak bila dilihat dari kebutuhan/keinginan konsumen.

2. Segmentasi pasar
Pelanggan dikelompokkan dan diidentifikasi, misalnya berdasarkan pada geografi, demografi,dan sosial budaya. Jika segmentasi pasarteridentifikasi, pasar sasaran akan dapat terwujud dan tercapai.

3. Target
Target pasar menyangkut banyaknya konsumen yang dapat diraih. Berapa target yang ingin dicapai? Apakah konsumen loyal terhadap bisnis? Apakah memberi kepuasan atau tidak? Jika loyal, potensi pasar tinggi.

4. Nilai tambah
Wirausahawan harus mengetahui nilai tambah produk dan jasa pada setiap rantai pemasaran, mulai dari pemasok, agen, hingga konsumen akhir. Dengan mengetahui nilai tambah setiap rantai pemasaran, nilai tambah bisnis akan dapat diketahui tinggi atau rendah.

5. Masa hidup produk
Harus dianalisis apakah masa hidupbarangataujasa bertahan lama atau tidak. Apakah ukuran lama masa produk lebih dari waktu yang dibituhkan untuk menghasilkan laba sampai modal kembali atau tidak.

6. Struktur pasar
Harus dianalisis apakah barang dan jasa yang dipasarkan termasuk pasar persaingan tidak sempurna (Seperti pasar monopoli, oligopoli, dan monopolistik), atau pasar persaingan sempurna. Jika barang dan jasa termasuk jenis pasar persaingan tidak sempurna, berarti potensi pasar tingi dibandingkan bila produk termasuk pasar persaingan sempurna.

7. Persaingan dan strategi pemasaran
Harus dianalisis apakah tingkat persaingan tinggi atau rendah. Jika persaingan tinggi, berarti epluang pasar rendah. Wirausahawan harus membandingkan keunggulan pesaing dilihat dari strategi produk, harga, jaringan distribusi, promosi, dan tingkat penggunaan teknologinya. Jika pesaing lebih unggul, berarti bisnis yang akan dirintis atau dikembangkan akan lemah dalam persaingan. Untuk memenangkan persaingan tentu saja bisnis tersebut harus lebih unggul dari pesaing.

8. Ukuran pasar
Ukuran pasar dapat dianalisis dari volume penjualan. Jika volume penjualan tinggi, berarti pasar potensial. Misalnya, dengan volume penjualan usaha skala kecil senilai 5Miliar per tahun berarti ukuran pasar cukup besar.

9. Pertumbuhan pasar
Pertumbuhan pasar dapat dianalisis dari pertumbuhan volume penjualan. Jika pertumbuhan [asar tinggi berarti potensi pasar tinggi.

10. Laba kotor
Apakah perkitaan magrin laba kototr tinggi atau renfah? Jika profit magrin kotor lebih dari 20%, berarti pasar potensial.

11. Pangsa pasar
Pangsa pasar bisa analisis dari selisih jumlah barang dan jasa yang diminta dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Jika pangsa oasar menurut proyeksi meningkat, bahkan setelah lima tahun mencapai 40%, berarti bisnis yang akan di lakukan atau dikembangkan memiliki pngsa pasar yang tinggi.

Sekian dari saya semoga materi yang saya sampaikan di atas bermanfaat bagi kalian semua, Terimahkasih.

Daftar Pustaka
 Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penulis : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "ANALISIS KELAYAKAN BISNIS"

Post a Comment