Setelah ide untuk memulai usaha muncul, langkah pertamayang harus dilakukan adalah membuat perencanaan usaha. Menurut peggy lambing perencanaan usaha adalah suatu cetak biru tertulis yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, perincian finansial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolanya.
Perencanaan usaha sebagai persiapan awal memiliki dua fungsi sebagai berikut :
1. Sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha.
2. Sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalaan yang bersumber dari luar.
Menurut Zimmerer, unsur yang harus ada dalam perencanaan usaha antara lain :
1. Ringkasan pelaksanaan
2. profil usaha
3. strategi usaha
4. produk usaha
5. strategi usaha
6. analisis pesaing
7. ringkasan karyawan dan pemilik
8. rencana operasional
9. data financial
10. proposal
11. jadwal operasional
Menurut peggy lambing, perencanaan bisnis memuat sejumlah topik antara lain :
1. Ringkasan eksekutif
2. pernyataan misi
3. lingkungan usaha
4. perencanaan pemasaran
5. tim manajemen
6. data finansial
7. aspek-aspek legal
8. jaminan asuransi
9. orang-orang penting
10. pemasok
11. risiko
Secara terperinci, komponen-komponen yang tercantum dalam format usaha tersebut meliputi hal-hal barikut :
1. ringkasan eksekutif yang memuat tentang :
a. nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan
b. nama, alamat, dan nomor telpon key person
c. laporan singkat gambaran perusahaan
d. laporan singkat gambaran aksi-aksi strategis untuk meraih keberhasilan perusahaan
e. laporan singkat gambaran pasar untuk produk
f. laporan singkat gambaran manajerial dan pengalaman teknik dari key person.
g. laporan keperluan dana dan cara menggunakannya
h. rekening penerimaan dan neraca saldo.
2. Perencanaan usaha secara detail
a. Latar belakang
- Laporan singkat sejarah perusahaan
- Situasi yang ada saat ini
b. Gambaran usaha secara detail
- Keunikan usaha yang dimiliki
- Bagaimana keunikan tersebut mencuptakan nilai
- Fakto-faktor utama yang memengaruhi keberhasilan
c. Analisis pasar
- Potensi pembeli terhadap barang
- Motivasi mereka membeli
- Ukuran pasar
- Pembelanjaan total tahunan
- Sifat-sifat pembelian, apakah barang tahan lama? apakah produk hanya dibeli pada musim tertentu?
Daftar Pustaka
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penulis : Salemba empat.
0 Response to "Cara Merencanakan sebuah usaha baru"
Post a Comment