}); Sejarah pemungutan pajak di indonesia | Mari belajar

Sejarah pemungutan pajak di indonesia

Sejarah pemungutan pajak mengalami perubahan dari masa ke masa sesuai dengan perkembangan masyarakat dan negara baik dibidang kenegaraan maupun dibidang sosial dan ekonomi. Pada mulannya pajak belum merupakan sebagai pungutan, tetapi hanya merupakan pemberian sukarela oleh rakyat kepada raja dalam memelihara kepentingan negara, seperti memelihara keamanan negara, menyediakan jalan umum, membayar gaji pegawai negara, dan lai-lain. Bagi penduduk yang tidak melakukan penyetoran dalam bentuk natural/uang maka ia diwajibkan melakukan pekerjaan-pekerjaan demi kepentingan umum untuk beberapa hari lamanya dalam satu tahun. Orang-orang yang memiliki status sosial yang tinggi termasuk orang-orang kaya, dapat membebaskan diri dari kewajiban melakukan pekerjaan untuk kepentingan umum tadi, dengan cara membayar uang ganti rugi. Besarnya pembayaran uang ganti rugi ini ditetapkan sesuai dengan jumlah uang yang diperlukan untuk membayar orang lain yang menggantikan melakukan pekerjaan itu, yang seharusnya dilakukan sendiri oleh orang kaya yang memiliki status sosial yang tinggi dan orang kaya tadi !.
Setelah terbentuknya negara-negara nasional dan tercapainya pemisahaan antara rumah tangga negara dan rumah tangga pribadi raja pada akhir abad pertengahan, pajak mendapat tempat yang lebih mantap di antara berbagai pendapatan negara. Dengan bertambah luasnya tugas-tugas negara, maka dengan sendirinya negara memerlukan biaya yang cukup besar.
Sehubungan dengan itu maka pembayaran pajak yang tadinnya bersifat sukarela berubah menjadi pembayaran yang ditetapkan secara sepihak oleh negara dalam bentuk undang-undang dan dapat dipaksakan.

Sumber
Buku : Hukum pajak
Penulis : Erly suandi
Edisi : 5
Penerbit : Salemba empat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sejarah pemungutan pajak di indonesia"

Post a Comment