Setelah memahami perencanaanusaha, langkah selanjutnya adalah mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa yang dihasilkan itu didistribusikan atau dipasarkan. Sesuai dengan definisi pemasaran, yaitu kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, menentukan tingkat harga, dan ndistribusikan produk ke tempat konsumen, maka tujuan pemasaran pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen. Ini berarti, perhatian kita dalam pemasaran haruslah diawali dengan riset [emasaran yaitu untuk meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Sesuai dengan tujuan pemasaran, maka inti pemasaran adalah penciptaan nilai yang lebih tinggi bagi konsumen daripada nilai yang diciptakan oleh pihak pesaing. Strategi usaha yang cocok dengan konsep tersebut adalah memproduksi barang dan jasa apa yang dijual dan bukan menjual barang dan jasa yang bisa diproduksi. Strategi pertama sangat tepat dan sesuai dengan inti pemasaran, sedangkan strategi kedua tidak tepat karena tidak memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Prinsip dasar pemasaran, yaitu menciptakan nilai bagi langganan, keunggulan bersaing, dan fokus pemasaran. Tujuan pemasaran bukan mendapatkan langganan, akan tetapi memperbaiki situasi bersaing. Dalam konteks ini, wirausahawan harus mampu memproduksi barang dan jasa dengan mutu yang lebih baik, harga yang lebih murah, dan penyerahan yang lebih cepat daripada pesaing.
Perencanaan Pemasaran
Pembahasan tentang strategi perusahaan, tidak bisa lepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Perencanaan pemasaran meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan
Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama-tama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus di arahkan pada kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang di inginkan dan dibutuhkan konsumen, misalnya barang dan jasa apa yang diinginkan pelanggan, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.
2. Memilih pasar sasaran khusus
Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus, ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu :
a. Pasar individual
b. Pasar khusus
c. Segmentasi pasar
Dari tiga alternatif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru lebih tepat bila memilih pasar khusus/ceruk dan pasar individual. Sementara itu, untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar.
3. Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan
Penerapan strategi pemasaran sangat bergantung pada keadaan lingkuangan persaingan pasar yang ada dari hari ke hari. Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangat bergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan yang bersaingan :
- Berorientasi pada pelanggan
- Kualitas, ialah mengutamakan manajemen kualitas total, yaitu efektif, efesien. tepat.
- Kenyamanan. yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.
- Inovasi, yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa ataupun proses.
- Kecepatan, yang diwujudkan dalam bentuk :
a. kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar.
b. Memperpendek waktu untuk merespon keininan dan kebutuhan pelanggan.
- Pelayanan dan kepuasan pelanggan.
4. Pemilihan strategi pemasaran
Strategi pemasaran ialah paduan dari kinerja wirausahawan dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausahawan bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran.
Daftar Pustaka
Buku : Kewirausahaan
Penulis : Suryana
Edisi : Empat
Penulis : Salemba empat.
0 Response to "TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN"
Post a Comment